Mengenal Lebih Dalam Street Style ala Citayam Fashion Week

Mengenal Lebih Dalam Street Style ala Citayam Fashion Week – Akhir-akhir ini, Citayam Fashion Week ramai dibicarakan khalayak. Peristiwa itu bermula dari trend di kelompok anak muda asal kota satelit Jakarta, seperti Depok, Citayam, dan Bojong Besar, Kabupaten Bogor, yang kongkow dengan baju nyleneh di tempat Taman Kendal, Dusun Atas, Jakarta Pusat. Sekalian kongkow, mereka lakukan peragaan baju di jalanan atau street fashion show dengan street model ala-ala fashion Citayam yang termasuk eksentrik. Trotoar di tempat Taman Kendal juga beralih menjadi catwalk kejutan untuk ajang Citayam Fashion Show. Diambil dari messycloset.com, street model diartikan sebagai style fashion yang tumbuh dari jalanan. Tidak seperti style fashion ala-ala pendesain yang umum disebutkan high fashion, street model mencakup beragam jenis style berbusana unik yang disamakan dengan watak pemakainya. Tidak cuma di Jakarta, beberapa street fashion show seperti Citayam Fashion Week sudah terlebih dahulu berkembang di negara lain. Satu diantaranya ialah street fashion Harajuku di Area Shibuya, Tokyo, Jepang.

Dikutip dari The Culture Trip, keunikan style Harajuku ialah kreasi di dalam permainan dan kombinasi warna yang menonjol. Disamping itu, style Harajuku sebagai realisasi khayalan dari sebuah watak hingga hasilkan style baju unik. Beberapa style Harajuku yang populer ialah gyaru, cosplay, gadis lolita, gothic, dan visual kei. Japan National Tourism Organization menerangkan, kesayangan pada style Harajuku ikut menggerakkan alih bentuk budaya di teritori Harajuku yang ada di tepian kota. Bahkan juga, style Harajuku juga sudah go-international. Aktris internasional Lady Gaga, misalkan, pernah tampilkan style Harajuku pada 2009.

Selainnya Jepang, street fashion show berkembang di China. Berlainan dengan Citayam Fashion Week, China Fashion Street atau Chinese Street Model tampilkan orang berjalan kaki dengan style baju bak mode kelas atas di Beijing dan Chengdu. Mereka memakai outfit, dimulai dari pakaian, celana, sampai aksesories, dari merk populer dan eksklusif sambil jalan kaki di kota itu. Street model sempat ditampilkan beberapa influencer Tanah Air pada ajang New York Fashion Week Spring Summer 2022. Satu diantaranya ialah Luna Maya. Dalam peluang itu, dia kelihatan lebih boyish karena kenakan oversized sweatshirt warna olive dan celana warna seirama dengan detil slit di bagian ujungnya.

Style boyish Luna Maya makin optimal karena army boots warna putih. Dalam pada itu, selebgram Rachel Vennya terlihat stylish memakai celana jeans putih dengan detil embroidery bermotif bunga pada ajang itu. Celana itu dipadupadankan dengan stripe t-shirt warna seirama. Untuk mengoptimalkan penampilan, Rachel kenakan handbag warna lilac.

Berasa bebas berekspresif di Citayam Fashion Week Selainnya Rizqi, ada remaja yang lain yang menggunakan baju “Angin Friendly” yaitu Ferry (17) asal Kebon Jeruk, Jakarta. Dia menyebutkan jika outfit nongkrongnya di Citayam Fashion Week itu bertopik “Semeriwing Angin Ketek”. Ia menggunakan high neck crop top sleeveless warna nude, dan celana palazzo dengan nuansa coklat muda. Argumen dibalik kenakan pakaian terbuka di ajang ini karena ia mengetahui jika Citayam Fashion Week itu ialah ruangan untuk bebas bermain slot gacor serta berekspresif. Hingga ia berani tampil optimis dengan outfit yang dikenai.

“Di sini asyik, kita dapat berkreasi seenak kita di sini, bebas berekspresif juga. ” “Saya kesini telah 4x dan suka sekali,” ujarnya. Saat kongkow di Citayam Fashion Week, mereka yang menyebutkan dianya “Duet Gaduh” ini akan jalanan di sekitar Stasiun MRT Dusun Atas, melangkah di zebra cross, sekalian berjumpa dan bercakap rekan-rekan baru.